1. Definisi dan Pemanfaatan Telematika

Judul posting : Pengertian Telematika dan Pemanfaatannya Dibidang Teknologi Informasi

Link posting : https://yanesscihuy.wordpress.com/2013/11/01/pengertian-telematika-dan-pemanfaatannya-dibidang-teknologi-informasi/

Tanggal posting : 2013-11-01

Ringkasan postingan Definisi Telematika dan Pemanfaatan Telematika adalah :

Telematika berasal dari bahasa perancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna. Telematika memiliki berbagai fungsi, yaitu sebagai alat penyampai informasi dan sarana kontak sosial hidup masyarakat.

 

2. Perkembangan Telematika

Judul posting : Perkembangan Telematika di Bidang Teknologi Informasi

Link posting : https://yanesscihuy.wordpress.com/2013/11/01/perkembangan-telematika-di-bidang-teknologi-informasi/

Tanggal posting : 2013-11-01

Ringkasan postingan Perkembangan Telematika :

Perkembangan telematika dalam Teknologi Informasi sangat berkembang dikarenakan  dari permintaan kebutuhan pengguna/masyarakat di internet ,bisnis, dan Industri kreatif. Perkembangan telematika ini juga didukung oleh perkembangan perangkat yang semakin canggih diera globalisasi seperti sekarang ini. Dengan perkembangan telematika dibidang teknik infomasi dan didukung oleh perangkat atau gadget, pengguna dapat saling bertukar informasi dan mencari keperluan sipengguna dengan langsung mencarinya diinternet.

 

3. Trend Telematika

Juduk posting : Trend Telematika ke Depan

Link posting : https://yanesscihuy.wordpress.com/2013/11/13/trend-telematika-ke-depan/

Tanggal posting : 2013-11-01

Ringkasan postingan Tren Telematika :

Penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat. Pada akhirnya, era robotik akan segera muncul. Segenap dengan mesin berkemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat, bahkan sekarang sudah ada robot yang berwujud hampir seperti manusia yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga atau lainnya.  Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik dan modern lagi.

4. Layanan Telematika

Judul posting : Layanan Telematika

Link posting : https://yanesscihuy.wordpress.com/2013/11/16/layanan-telematika/

Tanggal posting : 2013-11-16

Ringkasan postingan Layanan Telematika :

Layanan Telematika itu adalah Layanan dial up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Ada pun jenis-jenis Layanan Telematika, seperti:

–    Layanan informasi, yang memegang peran penting komunikasi antara manusia dengan perangkat yang digunakan seperti kendaraan.

–    Layanan keamanan, yang menyediakan keamanan informasi dan integritas data.

–    Layanan context aware & even base, yang dapat mengerti kebutuhan user, network dan lingkungannya.

–    Layanan perbaikan sumber, layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan.

 

 5. Antarmuka Telematika dan Fiturnya

Judul posting : Antarmuka Telematika dan Fiturnya
Link posting : https://yanesscihuy.wordpress.com/2013/11/16/antarmuka-telematika-fiturnya/

Tanggal posting : 2013-11-16

Ringkasan postingan Antarmuka Telematika dan Fiturnya :

Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, diantaranya:

–   Command Line Interface(CLI) adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan perintah-perintah tertentu. Misalnya aplikasi DOS, SO Linux, dsb.

–   Graphical User Interface(GUI) adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Misalnya SO Windows, unix, dsb.

 

 6. Teknologi yang Terkait Antarmuka Telematika

Judul posting : Teknologi yang Terkait Antarmuka Telematika

Link posting : https://yanesscihuy.wordpress.com/2013/11/16/teknologi-yang-terkait-antarmuka-telematika/

Tanggal posting : 2013-11-16

Ringkasan postingan Teknologi yang Terkait Antarmuka Telematika :

Pada antarmuka Telamatika terdapat 6 macam fitur teknologi  yang terkait. Fitur-fitur teknologi itu antara lain:

  1. Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.
  2. Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik.
  3. Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar).
  4. Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal digabungkan ke LAN (local area network) untuk mendeteksi IP kamera. Browsing audio data tidak semudah browsing dokumen cetak, karena adanya sifat temporal suara.
  5. Speech Recognition
    Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa.
  6. Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia yaitu sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras.