Telematika berasal dari bahasa perancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna.

Para praktisi menyatakan bahwa “Telematics” adalah singkatan dari “Telecommunication” and “informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini  memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu (konvergensi).

Konvergensi Telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau “The Net”. Dalam perkembangannya istilah “media” dalam Telematika berkembang menjadi wacana “multimedia”. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah “multimedia” semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu pernyataan yang ambigu, jika istilah Telematika dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika.

Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa Telematika merupakan konvergensi antara teknologi Telekomunikasi, Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary / digital.

Adapun fungsi dari Telematika yang memiliki pengertian yang selaras yaitu sebagai sarana komunikasi jarak jauh, maka fungsi dari telematika antara lain :

  1. Penyampai informasi. Telematika penyampai informasi agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari  sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatana keterampilan hidup, menambah kecerdasan, serta meningkatkan kesadaran dan wawasan.
  2. Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembati proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jaya yang memiliki nilai lebih dibanding hasil dari perorangan.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika

http://mengepal.wordpress.com/2012/10/24/perkembangan-telematika-di-indonesia/
EBOOK “SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TELEMATIKA”, Ir Hasanuddin Sirati, MT.