1. Pentingnya memelihara dokumen dan koleksi benda berharga Dokumen adalah benda penting. Dokumen harus dirawat agar tidak rusak atau hilang. Jika dokumen rusak, maka dokumen tidak bisa dipakai lagi. Jika dokumen hilang, maka kita harus membuat dokumen baru. Kita butuh waktu lama untuk membuat dokumen baru. Kita juga harus keluarkan biaya untuk mengurusnya

Cara Merawat Dokumen

ada beberapa cara melakukan perawatan pada file atau dokument kita sebagai berikut :

  • Dilaminating Dilaminating artinya dilapisi dengan plastik. Tujuannya, agar dokumen tidak cepat rusak jika terkena air.
  • Dibingkai Foto-foto dapat disusun dalam album foto. Foto-foto jangan sampai berserakan Selain foto, piagam penghargaan juga dibingkai dan dipajang.
  • Disimpan Semua dokumen harus disimpan dengan baik. KTP dan SIM disimpan dalam dompet karena sering di gunakan. Akta kelahiran dan ijazah dimasukkan ke dalam map dokumen. Sebagian orang menyimpan dokumen dalam brankas agar lebih aman. 2. Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
  • SIM dan STNK adalah dokumen penting. SIM dan STNK harus dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor. Jika tidak memiliki SIM dan STNK, pengemudi bisa ditilang oleh polisi.
  • KTP adalah tanda pengenal seseorang. KTP adalah dokumen yang harus disimpan dengan rapi.
  • Sebuah foto adalah dokumen. Foto dapat jadi kenangan suatu peristiwa. Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis/ terperinci
  • Peristiwa penting yang kita alami ada yang menyenangkan dan ada pula yang tidak menyenangkan. Peristiwa menyenangkan biasanya akan selalu diingat karena dapat membuat hati senang. Misalnya, saat pertama kali kamu naik pesawat. Peristiwa yang tidak menyenangkan sering kali membuat kita sedih atau kecewa. Peristiwa tidak menyenangkan bisa terjadi karena kita kurang hati-hati. Misalnya saat kamu terpeleset kulit pisang dan saat kamu dirawat di rumah sakit.
  • Peristiwa yang di alami merupakan pengalaman berharga. Pengalaman merupakan guru yang terbaik. Artinya, dari pengalaman kita petik banyak pelajaran.