Iteraksi manusia dan komputer salah satu bidang studi yang mengisyaratkan bahwa bidang study ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. Bidang studi ini mulai muncul dipertengahan tahun 1980-an dikenal sebagai bidang studi yang baru

Iteraksi Manusia dan Komputer memiliki definisi seperti, sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan beriteraksi dengan komputer seperti melakukan kegiatan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi melalui fenomena yang terjadi disekitar kita, bisa dibilang sebuah studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya.

Pada prinsip IMK membuat sistem dengan dapat berinteraksi atau berdialog seramah mungkin agar si user dapat lebih mudah untuk memahami dan lebih cepat tanggap dengan sistem tersebut.

Setelah saya membaca tentang IMK ternyata IMK ini memiliki sistem yaitu :

SIMK = f (h,m,e,i,t)

Dimana : SIMK = Sistem Iteraksi Manusia Komputer

h         = subsistem manusia

m        = subsistem mesin

e         = subsistem lingkungan

i          = iteraksi manusia dengan sub-sub sistem

t          = waktu lamanya iteraksi terjadi

 

Iteraksi manusia dengan komputer bisa terjadi disekitar manusia itu sering berada seperti daerah perkantoran, kendali proses, penerbangan, komunikasi, pekerjaan desain, sistem seleksi dan lain-lain. Hampir disekitar banyak yang bisa kita perhatikan manusia beriteraksi dengan komputer seperti menggunakan telepon, SMS, bermain game, membaca berita elektronik, menonton. Tidak hanya PC yang bisa disebut sebagai komputer, sekarang sudah terjadi perkembangan teknologi dimana komputer bisa berbentuk seefisien mungkin seperti handphone, ipad, tablet, bahkan komputer sekarang ada yang berbentuk seperti sebuah bolpoin.

Ada beberapa bidang studi yang mempengaruhi perkembangan IMK seperti : software engineering, Computational linguistics, Artificial intelligence, Cognitive science, Sociology, Ergonomics, Organizational, psychology, Mathematics, Cognitive psychology, Social psychology, Anthropology.

Ada beberapa Tujuan dari bidang studi IMK ini diantaranya :

  1. ramah dengan pengguna dalam arti kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dan nyaman dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula sekalipun.
  2. Mengurangi frustasi, ketidak amanan, dan kebingungan pada pengguna.
  3. Implikasi yaitu meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja

 

Beberapa masalah yang muncul ketika proses IMK ini dilaksanakan, seperti:

  1. Programer tidak dapat memahami secara tepat.
  2. penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna.
  3. Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi.
  4. Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan.
  5. Para pengguna berbeda dari sebelumnya.
  6. Para pengguna berbeda satu dengan lainnya.
  7. Para pengguna berbeda dari kita

Karna  mulai munculnya beberapa masalah tersebut, dicari solusi untuk memecahkan masalah malasah tersebut dengan menerapkannya GUI (Graphical User Interface) Kriteria User Friendly Memiliki tampilan yang bagus  sehingga mudah dioperasikan dan mudah untuk dipelajari. Dengan mudahnya untuk dikuasai pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut.