YANES

18110592

3KA33

Di semester ini saya mendapat tugas untuk memuat program sederhana yang hasilnya menghasilkan garis vertikal, horizontal, dan vertikal dari mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra mata kuliah ini mengajarkan hal-hal yang bersangkutan grafis pada komputer dan bagaimana mengolah citra atau tampilan.

Di sini saya tidak akan membahas cara-cara untuk menginstal OpenGL(Open Grafik Library), soalnya cara cara itu bisa anda cari sendiri di prof google!. Disini saya akan sedikit membahas apa itu OpenGL, yuk kita baca yuk!!!

  OpenGL (Pendahuluan)

OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu Glut.h, Glut32.lib, Glut32.dll.

Untuk membuat program Pertama kita harus membuat project terlebih dahulu, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat projek.

  • Klik menu File
  •  Pilih New
  •  Project
  • Pada bagian ini pilih tag Multimedia
  • klik OpenGL dan beri nama Project.
  • Klik Finish

Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah ini yaitu  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.

Membuat garis Vertikal

Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding di bawah ini pada projek OpenGL:

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();

glClearColor(1,1,1,0);

glColor3f(1,1,1);

glBegin(GL_LINES);

glVertex3f(0.10,10.0,13.13);

glVertex3f(0,0,0.0);

glEnd ();

glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

Untuk menjalankan program tersebut anda harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

Membuat garis Horizontal

Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding di bawah ini :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix();

glClearColor(1,1,1,0);

glBegin(GL_LINES);

glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);

glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);

glEnd();

glPopMatrix();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

Untuk menjelaskan statement” diatas hampir sama dengan statement pada program sebelumnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada program ini yang digunakan untuk membuat garis kesamping(horizontal). Untuk menjalankan program tersebut anda harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

Membuat garis Diagonal

Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();

glClearColor(1,1,1,0);

glColor3f(1,1,1);

glBegin(GL_LINES);

glVertex3f(0,0,-0.8);

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);

glEnd ();

glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

Untuk menjalankan program tersebut anda harus menekan tombol F9 , dan file yang akan di compile akan meminta untuk di save. Setelah berhasil dijalankan program akan menampilkan hasil output seperti dibawah ini :

Saya akan menjelaskan fungsi dari statement diatas:

–       glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

statement ini digunakan untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.

–       glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

statement ini digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.

–       glPushMatrix ();

statement ini digunakan Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

–       glClearColor(1,1,1,0);

statement ini digunakan untuk membersihkan warna garis/titik.

–       glColor3f(1,1,1);

statement ini digunakan untuk menentukan warna garis/titik.

–       glBegin(GL_LINES);

statement ini digunakan untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.

–       glVertex3f(0.10,10.0,13.13);

statement ini digunakan untuk menentukan titik awal yang digunakan.

–       glVertex3f(0,0,0.0);

statement ini digunakan untuk menentukan titik akhir yang digunakan.

–       glEnd ();

statement ini digunakan untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.

–       glPopMatrix ();

statement ini digunakan Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

–       SwapBuffers (hDC);

Statement ini digunakan digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

–       Sleep (1);