TUGAS III
1. mengapa terjadinya konflik dalam organisasi, berikan penyebab & mediatornya?serta contohnya!
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Konflik akan timbul apabila terjadi ketidak harmonisan/berbeda pendapat antara seseorang dalam suatu kelompok dengan orang lain dari kelompok lain (1 organisasi), bahkan konflik bisa timbul karna hal hal yang ringan hingga akhirnya bisa menimbulkan koflik yang berkepanjangan. Pada dasarnya konflik sesuatu yang wajar terjadi. Konflik akan selalu terjadi, karena manusia dalam suatu organisasi atau perusahaan masing-masing memiliki latar belakang keluarga dan pendidikan yang berbeda-beda. Kadang kala konflik timbul karna adanya perbedaan kebiasaan atau pribadi yang kurang baik.
Contohnya, konflik kecil dari sebuah organisasi kecil yang menyebabkan ketidak harmonisan dalam suasana pekerjaan tersebut. ” Seorang salah seorang staf yang meminta tolong kepada rekan kerjanya untuk membantu dia pada saat temannya sedang duduk santai, akan tetapi rekan kerjanya tersebut menolak untukmemberikan bantuan tersebut. Staf tersebut mau tidak mau hanya bisa mengeluh dalam hatinya saja. Karna staf teresebut sedang lelah mungkin dia agak sedikit emosi dan mendiam temannya saja, dan temanya itu pun tidak menanggapinya alias masabodoh”. Dengan terjadinya konflik tersebut maka timbullah sesuana yang tidak harmonis dalam melakukan pekerjaan sehari-hari tersebut.