Bab1 Pendahuluan

Pasar monopoli berasal dari bahasa Yunanimonos yg artinya ‘satu’ dan polein yg artinya ‘menjual’ adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.

Sebagai penentu harga yg bisa disebut sebagai price maker, seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya di pasar gelap atau black market.

Bab2 Teori

Pasar monopoli mempunyai beberapa karakteristik diantaranya :

-       Pasar monopoli Hanya terdapat produsen/perusahaan tunggal, sehingga produk tidak memiliki substitusi.

-       Pasar monopoli mempunyai hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar tersebut.

-       Perusahaan berperan sebagai penentu harga produk di pasar (price-maker).

Ada beberapa ciri dan sifat dasar pasar monopoli. Ciri utama pasar ini adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak. Ciri lainnya adalah tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis; dan adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk ke dalam pasar.

Hambatan itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan beberapa cara; salah satu di antaranya adalah dengan cara menetapkan harga serendah mungkin.

Dengan menetapkan harga ke tingkat yang paling rendah, perusahaan monopoli menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil. Perusahaan baru tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang memiliki kekuatan pasar, image produk, dan harga murah, sehingga lama kelamaan perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya.

Cara lainnya adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen di pasar.

 

 

 

 

 

 

Bab3 pembahasan

Ada beberapa kelemahan dan kelebihan pasar monopoli

Kekurangan pasar monopoli :

-       Cenderung harga barangnya lebih tinggi atau mahal dibandingkan dengan pasar tradisional.

Kelebihan pasar monopoli :

-       Lebih efisien dalam penggunaan input lebih rendah

-       Jumlah output lebih sedikit

-       Perusahaan dapat menentukan harga barang.

Pada setiap jenis pasar mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri, tergantung bagaimana si pemimpin perusahaan untuk mengolah kelemahan dan kelebihan untuk dapat mendapat laba yg maksimal.

 

 

Sumber id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopoli